Akte Kelahiran

“Tahun 2014 ada peraturan baru tentang pembuatan akta kelahiran yakni diberlakukannya asas domisili. Artinya, bagi penduduk Kota Malang ketika melahirkan di manapun, pembuatan akta kelahirannya adalah di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang, hanya saja penulisan kota/kabupaten tempat kelahirannya sesuai yang tertera di Surat Keterangan Kelahiran dari dokter / bidan / penolong.”

File yang bisa di download :

1. Surat Pernyataan :

surat-pernyataan-anak-ibu ( Apabila tidak bisa menunjukkan bukti perkawinan yang sah ) -point no. 4-
surat-pernyataan-belum-pernah-mencatatkan-kelahiran ( Apabila mengurus Akta Kelahiran Terlambat ) -point no. 9-
surat-pernyataan-kelahiran-bidan-dukun ( Apabila melahirkan di Bidan / Dukun ) -point no. 1-
2. Surat Keterangan Kelahiran (F-2.01)

DISPENDUK

 

  •  Adapun untuk dapat masuk kedalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka prosedur untuk penerbitan Akte Kelahiran, terlebih dahulu seseorang harus terdaftar dalam database kependudukan (untuk memperoleh Nomor Induk Kependudukan) yang dituangkan / dicetak dalam Kartu Keluarga (KK).
  • Sehubungan dengan hal tersebut maka untuk pengurusan akte kelahiran anak, disarankan untuk sekaligus mengurus KK dengan mengisi form F1.01 mengetahui RT/RW dan Kelurahan.

3 comments

    • Imey on 8 May 2016 at 21:00
    • Reply

    Berapa lama pengurusan akta kelahiran orang dewasa??

    1. sesuai dengan SOP http://kelsukun.malangkota.go.id/standar-orasional-prosedur-pelayanan/
      untuk pengurusan di kelurahan jika syarat-syaratnya lengkap, 1 hari selesai
      tapi untuk akte kelahirannya diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang
      biasanya kurang lebih 6 hari kerja.

    2. untuk pengurusan di kelurahan jika syarat-syaratnya lengkap, 1 hari selesai
      tapi untuk akte kelahirannya diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published.