Kelurahan Sukun

Hebat, Kota Malang Raih Dua Piala Kebersihan Sekaligus

Kota Malang, Jawa Timur, dalam perhelatan penganugerahan penghargaan kota terbersih di Jakarta, Senin (23/11) malam, mendapatkan dua piala sekaligus dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dua piala yang berhasil diboyong ke Kota Malang adalah Piala Adipura Kencana untuk kategori kota besar dan Piala Taman Terbaik.

“Taman Tugu di depan Balai Kota Malang mendapat apresiasi dari tim penilai sebagai taman terbaik di Indonesia. Ini harus dijaga dan bagaimana tahun depan mendapatkan yang lebih baik lagi,” kata Wali Kota Malang Moch Anton yang disampaikan Kabag Humas Pemkot Malang Nur Widianto, Selasa (24/11).

Nur Widianto yang akrab dipanggil Wiwid itu menyampaikan tema utama dalam Anugerah Lingkungan Proper dan Adipura 2015 yang digelar di Hotel Bidakara Jakarta itu adalah “Paradigma Baru dan Inovasi untuk Pembangunan Berkelanjutan”.

Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menghadiri acara penganugerahan Adipura tersebut mengatakan kebersihan dan fasilitas umum yang baik untuk masyarakat menjadi hal penting dan harus diperhatikan daerah.

“Budaya kebersihan jangan karena sebuah piala, tapi benar-benar melembaga di kalangan masyarakat. Dan itu bisa terwujud bila ada partisipasi aktif warganya,” ujar Wapres.

Bahkan, Wapres menekankan agar Pemerintah di daerah menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur kewajiban warganya untuk menjaga kebersihan selokan di depan rumah masing-masing.

Kirab ini diperkirakan akan menyebabkan kemacetan panjang di titik-titik yang dilalui. Sebab, tidak hanya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang yang bakal dikirab bersama dua piala tersebut, namun ada 30 mobil hias, beberapa motor Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) serta rombongan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang.

Sebelum sampai di Balai Kota Malang, di depan stasiun Kotabaru, Wali Kota bersama Ibu akan menaiki kereta kencana dengan membawa piala Adipura, diikuti Wakil Wali Kota dan Sekda yang juga menaiki kereta kencana berbeda menuju Balai Kota Malang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *