Blog

Memajukan Pendidikan, Unikama Bangun Kerja Sama Dengan Amerika Serikat

Memajukan Pendidikan, Unikama Bangun Kerja Sama Dengan Amerika Serikat

Sukun, MC – Mengembangkan kampus agar bisa Go International, Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) semakin aktif membangun kerja sama dengan pihak dari luar negeri. Melalui Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), kampus multikultural ini membangun kerja sama dengan Amerika Serikat (AS), Senin (10/03).

Diskusi-kerja-sama-Unikama-dengan-AS_1003MC

Diskusi kerja sama Unikama dengan AS, Senin (10/03)

Sebagai bentuk kerja sama ini Konsulat Jenderal AS, Andrew M. Veveiros hadir langsung di Unikama menggelar diskusi sastra. Program ini merupakan bentuk kerja sama Unikama dengan beberapa lembaga lain di luar negeri.

Dekan FBS, Dr. Mujiono M.Pd mengungkapkan rintisan kerja sama dengan AS dilakukan untuk membangun kerja sama yang semakin matang dalam waktu dekat mendatang. Diantaranya adalah AS akan membuka program pojok Amerika di Unikama.

“Kami sebenarnya ingin American Corner (Amcor) di Unikama, namun karena di Kota Malang sudah ada, maka Pojok Amerika sebagai alternatif,” jelas Mujiono, Senin (10/03).

Dari kerja sama tersebut Mujiono menceritakan akan memudahkan akses informasi terkait AS bagi mahasiswa dan dosen FBS Unikama. Diantaranya untuk mengakses beasiswa, pertukaran mahasiswa dan dosen, serta dalam hal riset dan penulisan jurnal ilmiah.

“Kami sangat siap dengan kerja sama ini karena selama ini kami juga telah menggelar banyak program yang mengarah ke level internasional,” terang Mujiono.

Beberapa program di Unikama yang sudah mengarah ke program internasional diantaranya adalah English Community Development Program, yaitu dengan mendatangkan native speaker asli dari Amerika Serikat ketika Unikama melakukan pendampingan guru-guru TK dan SD.

Andrew M. Veveiros mengatakan banyak sekali peluang yang bisa dijalin antara Unikama dengan AS bukan hanya melalui Amcor atau Pojok Amerika, tetapi bisa juga melalui program pertukaran informasi antara mahasiswa dan dosen, mereview  atau bedah buku, dan lain-lain.

“Unikama adalah kampus multikultur yang banyak menaungi suku-suku dari berbagai daerah di Indonesia, kami sangat senang bisa bekerjasama,” tegas Andrew.

Rektor Unikama, Dr. Pieter Sahertian, M.Si menambahkan, rintisan kerja sama dengan Konsulat Jenderal Amerika Serikat ini merupakan salah satu langkah menuju internasionalisasi kampus. Selama ini Unikama telah berhasil menjalin kerja sama dengan beberapa negara di ASEAN dan terus berupaya menjajaki kerja sama dengan negara-negara maju lainnya. (cah/yof)

Sumber: http://mediacenter.malangkota.go.id/2014/03/memajukan-pendidikan-unikama-bangun-kerja-sama-dengan-amerika-serikat/#ixzz2vo1VvA98

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *