BERITAKelurahan Sukun

Pelatihan Penanggulangan Bencana Kebakaran

Untuk mengantisipasi timbulnya bencana kebakaran serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang cara-cara penanggulangan apabila terjadi bencana kebakaran, Kelurahan Sukun Kecamatan Sukun Kota Malang mengadakan kegiatan pelatihan penanggulangan bencana kebakaran pada hari Minggu tanggal 29 Maret 2015 DSCN3251 bertempat di RW. 01 dengan jumlah peserta sekitar 80 orang yang terdiri dari warga RW. 01 dan RW. 09.

Dalam sambutannya Lurah Sukun Drs. Mas Bambang Widjajanto menyampaikan alasan mengapa kegiatan ini dilaksanakan di RW. 01, yaitu karena RW. 01 dan RW. 09 merupakan pemukiman padat penduduk dengan kerapatan rumah yang tinggi sehingga apabila terjadi kebakaran pada satu rumah, api akan cepat meluas ke rumah lainnya. Selain itu mobil pemadam kebakaran juga tidak dapat masuk dikarenakan jalan yang terdapat di wilayah RW. 01 dan RW. 09 pada umumnya kecil. Untuk itu perlu peningkatan kewaspadaan kepada masyarakat tentang bagaimana pencegahan terjadinya kebakaran dan juga pengetahuan tentang apa saja yang harus dilakukan oleh masyarakat apabila terjadi kebakaran.

Kegiatan diawali dengan pemaparan oleh Kasub. Bag. Tata Usaha UPT Pemadam Kebakaran Much. Suhatim, SE  mengenai cara pencegahan, dampak dan apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran. Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan praktek pemadaman api dengan menggunakan karung goni dan tabung pemadam kebakaran yang dipandu oleh instruktur yang juga berasal dari  UPT Pemadam Kebakaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *